Pengertian Fotografi

Tentu kita sudah sering mendengar tentang fotografi, dan sudah tidak asing lagi ketika kita mendengar kata tersebut, tapi apakah kalian sudah mengerti apa arti kata fotografi?

“Yang penting kan jepret-jepret di momen yang tepat terus upload di social media”. Ya secara umum memang seperti itu istilah awam-nya, dan boleh-boleh saja kalau kalian mempunyai pengertian kalian sendiri.

Tapi alangkah baiknya kalau kalian lebih mengerti tentang arti fotografi dari beberapa sumber referensi baik buku, maupun para ahli yang memang mendalami dunia fotografi, agar wawasan dalam memahami fotografi kita lebih luas.

Langsung saja simak artikel pengertian fotografi menurut para ahli serta KBBI yang sudah kami kumpulkan berikut!

Pengertian Fotografi Menurut para Ahli dan juga KBBI

Pengertian Fotografi berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Gambar pengertian fotografi menurut KBBI
pexels.com

Kita mulai dari yang paling dasar dahulu ketika kita mencari suatu kata, melalui acuan perbendaharaan kata kita, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI.

Berikut pengertian fotografi menurut KBBI:

fo·to·gra·fi/ n seni dan penghasilan gambar dan cahaya pada film atau permukaan yang dipekakan

Atau kalian bisa cek di sini, untuk menuju KBBI online yang resmi dari KEMENDIKBUD.

Mungkin kalian juga seringkali mendengar kata memotret, atau motret, yang diambil dari kata baku-nya yaitu potret, apakah sama dengan arti fotografi?

Mari kita cek arti sebenarnya di dalam kamus KBBI berikut:

pot.ret /potrèt/ n gambar yang dibuat dengan kamera; foto

Dapat dilihat bahwa arti kata potret menurut KBBI dengan fotografi memang berbeda tetapi masih berkaitan. Fotografi lebih kepada proses dalam mengambil gambar, sedangkan potret lebih kepada hasil yang didapat setelah melalui proses tersebut.

Jika kita mencari pengertian fotografi dalam bahasa inggris, photography diambil dari bahasa Yunani, “photos” yang artinya cahaya dan “grafo” yang artinya melukis.

Dapat kita garis bawahi fotografi adalah metode untuk menghasilkan gambar /foto suatu objek dengan cara melukis/merekam cahaya yang mengenai objek tersebut dengan alat yang peka cahaya, seperti yang sudah kita kenal saat ini alat tersebut yaitu kamera.

 

Fotografi Menurut Seno Gumira Ajidarma

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Seno Gumira Ajidarma
www.britishcouncil.i

Beliau adalah seorang jurnalis, fotografer dan juga penulis dari beberapa buku karyanya yang diantaranya berjudul Biola tak BerdawaiKitab Omong KosongDilarang Menyanyi di Kamar Mandi, dan Negeri Senja.

Buku yang tidak kalah menarik yaitu Kisah Mata: Fotografi Antara Dua Subyek : Perbincangan Tentang Ada. Mungkin kalian ketika pertama kalai membaca buku ini akan bingung karena pada dasarnya buku ini adalah Thesis beliau sehingga bahasanya memang berat.

Meski begitu Saya mencoba menangkap beberapa persen dari buku beliau yang pada dapat disimpulkan dari arti fotografi menurut beliau adalah

“Hanya sebuah gambar (objek) tak berarti, jika subyek yang melihat tidak memaknai, bukankah sesuatu (objek) itu dianggap ‘ada’ jikalau itu bermakna.”

Seno Gumira Ajidarma memang mempunyai pemikiran yang sangat luas, beliau berbicara banyak hal tentang arti fotografi, bagaimana seseorang itu benar-benar dapat ‘merepresentasikan’ dalam memotret dan ‘meresapi’ apa yang dipotret.

Ah sudahlah! kalau kalian penasaran langsung saja baca bukunya ya.

 

Fotografi Menurut Yudhi Soerjoatmodjo

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Yudhi Soerjoatmodjo
www.youtube.com

Seorang fotografer senior di Indonesia yang sudah melalang buana, beliau pernah belajar fotografi di Parsons School of Design di Paris.

Pengalaman beliau di dunia jurnalistik sudah tidak diragukan lagi, baik sebagai redaktur maupun konsultan. Hingga sejak Agustus 2013 beliau bekerja sebagai produser di Museum Nasional Indonesia.

Dalam suatu wawancara di youtube, menurut Yudhi Soerjoatmodjo fotografi itu bisa diartikan sebagai berikut:

“Fotografi itu storytelling, kita merekam, berbagi cerita kepada orang -orang yang melihat dan orang tersebut akan tersentuh, tergerak, bercerita sehingga terjadi transformasi dalam bermasyarakat.”

Simak wawancara lengkapnya di video berikut:

 

Fotografi Menurut Tony Worobiec

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Tony Worobiec
www.youtube.com

Beliau adalah fotografer yang mendunia, biasa menangkap momen foto landscape, artsitektur, dan travel photography. Beliau juga penulis dari 17 buku dan beberapa kali memenangkan penghargaan baik di negaranya, di UK, maupun di dunia internasional.

Sudah lebih dari 200.000 copy bukunya telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa, baik Jerman, Belanda, Spanyol, Taiwan serta Mandarin.

Berikut beberapa karyanya yang dipublikasikan:

  • “Toning and Hand colouring Photographs” (Collins& Brown),
  • “Beyond Monochrome”(Fountain Press)
  • ”Photo Art” (Collin& Brown/Chrysalis),
  • “Rhythms of the Land” (Creative Monochrome),
  • “Digital Photo Artist” (Collins & Brown/Chrysalis,)

“Fotografi adalah tantangan meski dalam keadaan cuaca buruk pun dapat memberi peluang besar. Seperti contoh salju yang dapat membuat pemandangan nampak sederhana, dan membuat foto menampilkan seni yang minimalis.”

Tony Worobiec memiliki ciri khas tersendiri dalam mengartikan fotografi mengajarkan kita untuk bisa adaptasi dalam memotret walau bagaimanapun kondisinya.

 

Fotografi Menurut Destin Sparks

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Destin Sparks
anthillonline.com

Beliau juga adalah salah satu landscape fotografer yang telah memenangkan beberapa penghargaan. Berasal dari Queensland, Australia.

Sebanyak kurang lebih 70 penghargaan landscape fotografi telah ia menangkan dan sering diliput oleh media-media Australia maupun beberapa negara lainnya.

Destin Spark memang suka akan foto alam, karena alam menurutnya membawa kesan natural, vivid, dan panoramic serta kaya akan fitur warna di dalamnya.

“Fotografi adalah cerita yang tidak bisa saya tuliskan dengan kata-kata”

Begitulah ia mendeskripsikan arti fotografi. Sangat puitis sekali ya?!

 

Fotografi Menurut Marcus Sudjojo

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Marcus Sudjojo
books.google.co.id

Beliau salah seorang freelance fotografer di Indonesia yang menulis buku berjudul “Tak Tik Fotografi” pada tahun 2010.

Disitu kita diajarkan tentang teknis-teknis mengoperasikan berbagai macam kamera. Dari namanya saja tak tik fotografi, juga banyak trik-trik yang dijelaskan pada buku tersebut.

Menurut beliau arti fotografi lebih menekankan pada teknik, definisi ringkasnya sebagai berikut:

“Fotografi sebagai teknik adalah gabungan dari teori/pengetahuan dengan skill/kemampuan. Karena menyangkut kemampuan, semakin sering kamu memotret, maka kamu akan semakin terbiasa dan mahir.”

Fotografi Menurut Ansel Adams

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Ansel Adams
upload.wikimedia.org

Atau mempunyai nama panjang Ansel Easton Adams, adalah, sang inspirator, fotografer asal Amerika Sertikat, lahir pada tahun 1902, beliau juga dikenal sebagai aktivis lingkungan.

Banyak foto beliau bertema landscape dan bernuansa hitam putih, sehingga foto hitam putih sudah menjadi ciri khas beliau. Kepekaan beliau terhadap suatu cahaya di suatu tempat menjadikan alasan mengapa fotografi beliau dinilai sangat legendaris.

“Fotografi adalah puisi yang keras dan nyata.”

“Foto yang bagus adalah foto yang sepenuhnya mengungkapkan apa yang dirasakan seseorang, dalam arti terdalam, tentang apa yang sedang difoto.”

Kalimat-kalimat/quotes beliau mungkin sering kita jumpai. Beliau sangat menghargai suatu karya, dengan diringi dedikasi yang tinggi, karya-karya beliau masih dijual dengan harga yang fantastis.

 

Fotografi Menurut Michael Langford

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Michael Langford
www.azquotes.com

Beliau adalah penulis, guru, dan juga fotografer terkenal yang menjadi panutan banyak fotografer pada masanya bahkan hingga sekarang.

Di tahun 60 an karya-karyanya menjadi best seller, diantaranya adalah Basic Photography (1965) dan Advanced Photography (1969).

Maksud Langford kurang lebih adalah kita sebagai fotografer bisa saja memiliki sudut pandang tersendiri terhadap objek yang kita foto, dan gambar hasil foto pun dapat dimaknai dalam berbagai perspektif tergantung orang yang melihat itu.

 

Fotografi Menurut Elliott Erwitt

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Elliott Erwitt
upload.wikimedia.org

Elliott Erwitt lahir di Paris, Perancis pada tahun 1928, orang tuanya adalah imigran Rusia, hingga beliau pindah ke Amerika dan berkarir di sana.

Dikenal sebagai advertiser fotografer dan dokumenter, serta foto-foto candidnya di era itu, Erwitt memiliki cara pandang tersendiri dalam mendefinisikan fotografi.

“Bagi saya, fotografi adalah seni observasi, tentang menemukan sesuatu yang menarik di tempat yang biasa saja”

Kita bisa ambil kesimpulan dalam fotografi janganlah kita tidak melihat bagus tidaknya tempat (spot) foto, tetapi bagaimana kita bisa memanfaatkan tempat (spot) tersebut.

Fotografi Menurut Aaron Siskind

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Aaron Siskind
www.widewalls.ch

Beliau fotografer asal New York, Amerika Serikat, beliau memulai karirnya di bidang fotografi pada tahun 1930 an sebagai fotografer dokumenter.

Setelah beberapa tahun beliau fokus mengembangkan fotografinya lebih ke abstraksi, atau mengabadikan tentang suatu pola, bentuk, grafiti, yang ada disekitarnya.

“Fotografi adalah cara merasakan, menyentuh, mencintai. Apa yang Anda tangkap dalam kamera akan ditangkap selamanya, sehingga bisa mengingat hal-hal kecil, walaupun sudah lama Anda melupakannya”

Karya-karya Siskind tentang fotografi abstrak memberikan kesan yang unik den menginspirasi bagi fotografer pada masa itu.

 

Fotografi Menurut Don McCullin

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Don McCullin
www.wallpaper.com

Seorang jurnalis asal Inggris yang dikenal akan fotografi nya pada tahun 50-an mengenai peperangan, ataupun kehidupan sehari-hari masyarakat yang ada di jalanan pada saat itu.

Foto-fotonya juga sering di muat di media-media Inggris dan telah memenangkan beberapa penghargaan. Berikut definisi fotografi menurut beliau:

Fotografi bagi saya bukanlah melihat, tapi merasakan. Jika Anda tidak dapat merasakan apa yang Anda lihat, maka Anda tidak akan pernah membuat orang lain merasakan apapun ketika mereka melihat hasil foto Anda.

Fotografi Menurut Bill Brandt

Gambar Pengertian Fotografi Menurut Bill Brandt
ftn-blog.com

Bill Brandt juga seorang fotografer yang juga berkarir sebagai jurnalis asal Inggris. Berbagai macam karya foto hitam putih sudah dibuatnya dalam bentuk foto potrait maupun landscape.

Beliau layak mendapatkan apresiasi sebagai Fotografer Inggris yang paling berpengaruh dan dikagumi di dunia pada abad ke-20. Pendapat beliau terdengar unik dalam mendefiniskan arti fotografi. Berikut kutipannya:

Fotografi tidak memiliki aturan, bukan seperti olahraga. Fotografi adalah hasil yang diperhitungkan, tidak peduli seperti apa caranya.


Gimana? Sudah paham dengan pengertian fotografi?

Itulah arti fotografi menurut beberapa sumber khususnya para ahli baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Ada banyak sekali lagi fotografer yang mempunyai cara pandang tersendiri dalam mengartikan fotografi yang mungkin kalian juga mengidolai tapi namanya belum tercantum di artikel atas.

Kalian bisa kasih tahu kita dengan menuliskan siapa saja fotografer yang menjadi favorit kalian di kolom komentar ya.

Intinya belajar fotografi itu tidak bisa kita seorang diri, kita harus melihat bagaimana para fotografer lain berkarya, bagaimana cara pandang mereka dan patut menghargai karya mereka.

Dengan cara itu kita bisa memiliki arti fotografi tersendiri bagi kita, sehingga lambat laun kita pun bisa menjadi seperti seperti mereka, menjadi para legenda di dunia fotografi.

Seorang filosofis fotografer, suka motret apa yang dirasa suka

Tinggalkan komentar