Mahalnya Kamera Leica

Mungkin kalian pernah berpikir kalau kamera smartphone keluaran sekarang itu bisa menghasilkan foto yang sangat bagus bahkan bisa disejajarkan dengan hasil dari kamera mirrorles/DSLR, dengan begitu mungkin kalian akan ragu dan pikir dua tiga kali jika akan membeli kamera biasa.

Sekarang apa kalian pernah bayangin buat beli kamera yang bahkan pengoperasian-nya bisa dibilang masih manual belum begitu modern tapi harganya bisa setara dengan mobil baru? Buat motret aja keluar uang segitu?! Mimpi kali ya

Tapi ada beberapa orang yang memang bisa dikatakan mau mengorbankan uang mereka demi mengapresiasi sebuah hasil mahakarya dalam dunia fotografi, yaitu kamera Leica.

Kamera Leica adalah kamera yang dibuat di Jerman, mungkin kita tahu kalau Jerman bisa dikatakan negara dengan teknologi maju, tak hanya canggih dengan mobil-mobilnya tapi juga kameranya.

Lantas, kenapa kamera Leica dijual dengan harga yang sangat mahal? Menjawab rasa penasaran kalian semua, berikut kami jelaskan apa saja yang bisa membuat Leica ini berharga fantastis

8 Faktor yang Membuat Harga Kamera Leica Mahal

1. Bahan Yang Digunakan Berkualitas

Gambar Bahan Berkualitas Kamera Leica
gearforlife.com

Tidak seperti pabrikan yang lain yang menggunakan plastik untuk membuat kamera atau lensa, sehingga mungkin beberapa tahun lagi kualitasnya akan menurun.

Leica menggunakan bahan atau material yang berkualitas tinggi, komponen body-nya terbuat dari metal solid yang di polish atau diolah sedemikian rupa dengan tangan sang perakit, selama 40 menit beserta komponen lain yang tentunya premium.

Lensanya juga terbuat dari kaca pilihan sehingga bisa menghasilkan hasil foto yang tajam serta natural.

 

2. Kebanyakan Dibuat Secara Handmade

Gambar Kamera Leica Kebanyakan Dibuat Secara Handmade
www.cnbc.com

Inilah salah satu alasan yang menjadi faktor utama harganya selangit, ya, dibuat dengan tangan/handmade oleh para crafter yang memang sudah dilatih dengan baik, mempunyai skill khusus yang telah diwariskan dari dulu.

Didukung suasana pabrik yang bersih, steril dan berkelas, para perakit merakit 1100 lebih komponen di satu kamera yang dirakit secara presisi dengan mengusung kesempurnaan sehingga menghasilkan kamera yang berkualitas.

Kebanyakan kamera Leica, khususnya Leica M10 dibuat di Wetzlar, Jerman, di mana tradisi pembuatan ini sudah dilakukan sejak 100 tahun lalu, tentunya buruh yang merakit kamera ini juga digaji lebih banyak daripada buruh pabrikan kamera lain.

 

3. Mempunyai Fitur yang Khas / Unik

Gambar Leica Mempunyai Fitur Unik
medium.com

Brand lain mungkin berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan, tercanggih dalam hal teknologi/fitur. Tidak dengan leica, mereka punya jalannya sendiri.

Salah satu yang membuat kamera ini unggul adalah fitur yang disajikan tidak main-main, bahkan di waktu tertentu mereka mengeluarkan kamera edisi spesial.

Rata-rata sudah kamera ini sudah dibekali dengan fitur weather sealed atau tahan dengan kondisi cuaca tertentu

Memang di tiap jenis kamera Leica mempunyai karakter tersendiri, contoh di tipe Leica SL, kamera mirrorless yang mempunyai titik fokus 4,4 juta titik dan sistem fokus yang berbeda dari yang lain.

Atau kamera Leica Q2 yang dinobatkan oleh dxomark sebagai kamera Leica terbaik dengan skor tertinggi, karena fiturnya yang lengkap.

Ada juga yang khusus untuk foto hitam putih/monochrome, tapi hasilnya akan berbeda jika kalian bandingkan dengan foto hitam putih kamera pada umumnya.

Penasaran kan? Kalian akan tahu jika sudah merasakan bagaimana feel-nya memegang kamera Leica.

 

4. Kamera Investasi / After Sales Terjamin

Gambar kamera investasi Leica
www.focuscamera.com

Jika kalian pada umumnya cuma tahu investasi itu biasanya berupa emas, tanah, atau aset lain-nya, kalian jangan kaget ya

Ada beberapa kondisi di mana kamera Leica bisa digunakan untuk investasi loh

Contohnya di beberapa tahun lalu, harga lensa Leica Noctilux 50mm f/1 kurang lebih sekitar 60 jutaan, sekarang harganya bisa sampai 100 juta lebih

Bahkan jika kamera kalian rusak dan butuh servis, meskipun kalian punya Leica merk lama yang sudah tidak diproduksi bertahun-tahun (discontinue) mereka akan tetap menerima dan tetap bisa melayani kalian dengan baik.

Memang berbicara barang teknologi pasti suatu saat akan terjadi depresiasi atau penurunan harga, tapi untuk merk kamera yang satu ini termasuk masih mempunyai prosentase penurunan yang tergolong kecil, sekitar 50%

Untuk kamera merk ini yang seconhand/seken mungkin akan berbeda-beda harganya sesuai dengan keinginan dari pemilik/orang yang menjual

 

5. Lensa Leica bisa dipakai untuk kamera lain

Gambar Adapter Metabones Leica
www.digitec.ch

Seiring dengan perkembangan kamera mirrorless begitu juga dengan kemajuan teknologi adapter pada lensa, Leica juga tidak kalah ketinggalan untuk ikut dalam tren ini.

Dengan menggunakan adapter lensa kamu bisa merasakan lensa Leica dengan menggunakan kamera lain, contoh adapter merk metabones untuk lensa Leica

Jangan khawatir jika kamu punya Sony dengan E mount-nya, Olympus atau bahkan Panasonic dengan sistem Micro Four Third-nya

Tentu rasanya akan berbeda tergantung dengan kamera yang digunakan tetapi kalian masih bisa merasakan sedikit jika masih belum mampu membeli kameranya.

 

6. Awet/Tahan Lama

Gambar Kamera Leica Awet Tahan Lama
www.pinterest.at

Ibarat mobil seperti mercy jika dibandingkan dengan merk lain pasti kalian tahu kalau buatan Jerman itu teknologinya canggih dan bisa berumur panjang

Begitu juga dengan kamera ini, berdasarkan beberapa pemilik Leica yang sudah lama menggunakannya, kamera miliknya ada yang berumur 20 tahun, 40 tahun, bahkan seumur hidup dan tidak pernah rusak sedikitpun.

Meski bisa saja rusak tapi ingat jangan sampai dirusakin ya, karena kalau rusak servisnya di Jerman, jadi kalian harus menunggu lama bisa  sampai berbulan-bulan.

Kembali lagi karena faktor pembuatan-nya yang secara handmade dan bahan yang digunakan adalah kualitas premium.

Bagi kalian yang gak pingin kamera kesayangan-nya cepet rusak? Pelajari betul-betul cara merawat kamera yang baik

7. Brand Premium

Gambar Brand Premium Leica
www.cinema5d.com

Dengan kamera dan lensa yang mereka buat, tentunya berbeda dengan pabrikan lain yang ada di pasaran.

Ada perusahaan yang memang mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dan ingin menargetkan sebanyak mungkin pembeli/customer, lain lagi dengan Leica.

Mereka tetap kokoh di mata dunia fotografi dengan julukan sebagai brand premium-nya kamera, hal ini menjadikan Leica unik dan semakin dikenal oleh penggemarnya yang ada di seluruh dunia.

 

8. Masih Melayani Pengguna Kamera Analog

Gambar Kamera Leica Masih Melayani Pengguna Analog
www.lomography.com

Jika beberapa merk lain di pasaran lebih fokus pada kamera modern atau digital, berbeda dengan Leica, mereka masih saja memproduksi kamera analog, meski hanya beberapa tipe terntentu saja.

Contohnya kamera Leica M6, lalu disusul M7 yang dirilis sejak 2002, muncul lagi M8 pada tahun 2006, M9 yang diproduksi tahun 2009, atau yang lumayan baru Leica M10 yang diroduksi tahun 2017 dengan rasa digital.

Hal-hal seperti inilah yang membuat penggemar film analog melirik Leica karena masih saja memanjakan mereka dengan menjaga cita rasa vintage fotografi atau foto dengan menggunakan film.

 


Gimana tertarik untuk beli kamera Leica? Jika kalian berminat untuk beli, biasanya kalian harus nunggu sekitar 3 bulan karena permintaannya yang tinggi, tergantung item yang kalian beli.

Kalau kalian masih belum sanggup untuk beli yang mahal, jangan khawatir karena Leica juga mengeluarkan kamera dengan harga paling murah, namanya Leica Sofort, kamera instan dengan harga kisaran 5 jutaan.

Sebagai fotografer jangan berpikir kalau kalian beli Leica terus hasil foto kalian akan bagus gitu? Belum tentu. Jangan pernah mempunyai mindset seperti itu.

Ingat bukan gear/kamera yang membuat hasil foto kalian bagus, tapi “the man behind the gun” atau orang yang ada dibalik kamera itulah yang membuat hasil foto bisa bagus

Seorang filosofis fotografer, suka motret apa yang dirasa suka

Tinggalkan komentar