Jenis-Jenis Fotografi

Setelah sebelumnya kalian mempelajari tentang pengertian fotografi, sekarang saatnya untuk mengetahui jenis-jenis fotografi agar kalian tahu perbedaan fotografi satu dengan yang lain.

Selain itu nantinya kalian juga bisa menentukan mana yang paling kalian suka.

Di era sekarang ini fotografi semakin berkembang, seiring dengan kemajuan teknologi yang mendukung, fitur kamera yang makin canggih,
sehingga muncullah inovasi-inovasi baru, begitu juga dengan banyaknya jenis fotografi yang populer saat ini.

Berikut ini kami bahas satu persatu jenis fotografi dari yang umum hingga yang sedang populer.

29 Jenis Fotografi Lengkap dengan Penjelasan beserta Contoh Gambarnya

1. Fotografi Abstrak (Abstract Photography)

Gambar fotografi abstrak
pexels.com

Fotografi abstrak memang sulit dijelaskan dengan kata-kata. Artinya sangat meluas tidak terikat dengan subjek yang di foto maupun teknik dalam mengambil gambarnya.

Fotografer butuh imajinasi yang kuat sebelum mengambil gambar abstrak dan mampu merubah perspektif objek yang biasa menjadi luar biasa.

Ciri-ciri fotografi abstrak adalah subjek tidak ditonjolkan secara keseluruhan, tapi menonjolkan sesuatu yang ada pada objek tersebut, yaitu bentuk, garis, maupun komposisi yang detail sehingga terlihat unik.

Contoh jika kalian mengambil gambar cahaya lampu, dalam abstrak fotografi yang diambil gambarnya adalah bias cahaya, refleksi/pantulan, cipratan cahaya atau seperti lukisan warna-warna yang ada, jadi bukan semata-mata fokus pada benda /lampu-nya.

 

2. Fotografi Udara (Aerial photography)

Gambar fotografi udara (aerial photography)
pexels.com

Aerial fotografi adalah fotografi udara, maksudnya adalah fotografi yang gambarnya diambil melalui sudut pandang dari udara. Jenis fotografi ini adalah yang paling unik karena mempunyai perspektif yang berbeda.

Dulunya sebelum ada drone kebanyakan memanfaatkan helikopter sungguhan untuk keperluan foto aerial, tapi semenjak adanya drone penggunaan helikopter semakin ditinggalkan karena dinilai lebih efisien.

Tapi memang di beberapa negara untuk bisa menerbangkan drone harus ada lisensinya, pilot drone tidak bisa sembarangan menerbangkan-nya karena ada beberapa tempat yang tidak boleh ada drone.

Untuk merk drone sejatinya kalian sudah pernah mendengar atau bahkan sudah tahu merk seperti DJI, Parrot, Autel, dan masih banyak lagi sebenarnya.

Sedangkan harga drone sendiri sudah mulai terjangkau buat kalian yang pemula bisa pakai DJI Mavic Mini, kalau yang pro ada DJI Phantom 4 Pro, atau DJI Inspire yang tentu harganya lumayan mahal.

 

3. Fotografi Arsitektur (Architectural Photography)

Gambar Fotografi Arsitektur (Architectural Photography)
pexels.com

Ketika fotografer umumnya memotret bangunan sebagai sarana hobi semata, fotografer arsitektur menjadikan hal ini sebagai peluang untuk berbisnis.

Arsitektur fotografi memerlukan skill yang khusus untuk bisa melihat sisi unik dan menonjol pada bangunan.

Selain itu fotografer harus bisa melihat mana bangunan yang menonjol, yang mempunyai sisi unik. Teknik lain seperti minimalisir distorsi, sudut pandang, dan masalah-masalah lain yang timbul ketika memotret suatu bangunan.

 

4. Fotografi Hitam Putih (Black and White Photography)

Gambar fotografi Hitam Putih (Black and White Photography)
pexels.com

Fotografi hitam putih adalah fotografi yang tergolong bernuansa klasik, karena foto yang dihasilkan berwarna hitam putih saja.

Untuk menghasilkan foto hitam putih ada beberapa cara, sebelum atau sesudah mengambil gambar.

Pertama, sebelum mengambil gambar kalian bisa bereksplorasi menggunakan kamera film analog hitam putih atau dengan merubah pengaturan kamera menjadi hitam putih jika kalian sudah menggunakan kamera digital.

Post processing juga bisa kalian lakukan dengan menggunakan aplikasi editor foto yang merubah hasil foto bewarna menjadi hitam putih tentunya dengan berbagai pilihan pengaturan sesuka kalian.

 

5. Fotografi Candid (Candid Photography)

Gambar fotografi Candid (Candid Photography)
pexels.com

Fotografi candid, adalah fotografi yang dilakukan dengan spontanitas, atau tanpa dilakukan persiapan dahulu dalam pengambilan gambarnya, sehingga objek gambar tampak natural.

Mungkin dari kalian sudah pernah atau bahkan sering melakukan fotografi ini baik via smartphone atau kamera digital di situasi-situasi tertentu dengan niat untuk mengambil ekspresi yang unik tanpa dibuat-buat.

Contoh memotret anak/ balita, biasanya mereka kurang peka akan adanya kamera, maka secara tidak sadar ketika kalian mengambil gambar tanpa disadari olehnya, itulah yang dimaksud candid.

 

6. Fotografi Komersil/Periklanan (Commercial/Advertising Photography)

Gambar fotografi Komersil Periklanan (Commercial Advertising Photography)
pexels.com

Komersial fotografi atau fotografi periklanan adalah fotografi yang memang digunakan untuk memasarkan baik barang maupun jasa daripada bisnis suatu perusahaan.

Fotografer akan dibayar oleh perusahaan untuk bisa membuat foto sesuai keinginan mereka agar produk mereka terlihat professional dan dapat menarik pembeli.

Di sini peran fotografer dalam memberikan masukan kepada perusahaan juga sangat penting karena biasanya perusahaan hanya ingin hasil foto seperti yang diinginkan tanpa melihat dari sisi lain.

Maka dari itu fotografer baiknya memiliki skill berkomunikasi dan negosiasi yang baik.

 

7. Fotografi Busana (Fashion Photography)

Fotografi Busana (Fashion Photography)
pexels.com

Fotografi fashion ada kaitanya dengan fotografi komersial, tetapi lebih kepada foto tampilan busana yang dipakai oleh seorang model.

Tujuanya tidak lain untuk memasarkan bisnis produk busana seperti pakaian, sepatu dan assesoris lainnya.

Tempat pemotretanya bisa dalam studio dalam ruangan (indoor) dengan cahaya/flash yang bagus harus kita set sedemikian rupa,atau di event catwalk, maupun di pangung acara fashion lainnya.

Bicara tentang tempat tidak menutup kemungkinan juga dilaksanakan di luar ruangan (outdoor) kembali kepada tema yang diinginkan.

Dalam fashion fotografi tentunya akan banyak melibatkan kerja sama tim, seperti make up artist (MUA), wardrobe specialist, dan lain-lain.

 

8. Fotografi Makanan (Food Photography)

Gambar Fotografi Makanan (Food Photography)
pexels.com

Fotografi makanan sebenarnya termasuk kedalam salah satu niche dari produk fotografi yang dijelaskan di bawah dan ada kaitannya juga dengan commercial fotografi yang sudah dijelaskan tadi.

Akan tetapi di sini kita fokus pada komposisi, penataan makanannya atau styling yang dilakukan agar terlihat menarik.

Sudah banyak tempat-tempat kuliner yang memanfaatkan fotografi ini mulai dari restoran yang besar hingga warung-warung kecil yang nantinya akan diposting di social media mereka.

 

9. Fotografi Forensik

Gambar Fotografi Forensik
pexels.com

Kedengarannya sedikit aneh bukan? Iya fotografi forensik adalah fotografi yang dilakukan dalam hal menyangkut kegiatan penyelidikan suatu kepetingan/kasus.

Sesuai dengan tahap-tahap forensik pada umumnya yang terdiri dari:

  1. Pengumpulan (Acquisition)
  2. Pemeliharaan (Preservation)
  3. Analisis (Analysis)
  4. Presentasi (Presentation)

Misal, untuk bisa membantu menyelesaikan suatu masalah, polisi tentu harus punya dugaan/ pengumpulan bukti di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Disitulah kemudian akan dicari dan di foto bukti-bukti yang sudah dikumpulkan sebelum diproses lebih lanjut.

 

10. Fotografi Kehidupan Manusia (Human Interest Photography)

Fotografi Kehidupan Manusia (Human Interest Photography)
pexels.com

Fotografi jenis ini memang menjadikan manusia sebagai subjek foto, hampir sama seperti portrait fotografi/street fotografi.

Bedanya yaitu human interest mengabadikan suatu daily activity manusia, ekspresi mereka, maupun aktifitas sosial lainya sehingga bisa membuat penikmat foto merasa turut ber-simpati/empati.

 

11. Fotografi Alam (Landscape Photography)

Gambar Fotografi Alam (Landscape Photography)
pexels.com

Jika kalian ketika pergi ke suatu tempat seperti wisata alam lalu kalian foto pemandangan-nya maka selamat, kalian termasuk fotografer yang suka jenis fotografi ini, landscape photography.

Carilah pemandangan yang terhampar luas seperti gunung, laut, hutan, di manapun lokasinya tapi ingat komposisi adalah yang paling utama.

Tidak ada ketentuan khusus juga kapan waktu yang tepat untuk foto pemandangan, bisa saat sunset, sunrise, hujan bahkan berkabut, kalian bebas memilih sesuai keinginan imajinasi kalian.

Untuk foto pemandangan dengan hasil yang bagus, kalian bisa menggunakan alat-alat/assesoris pendukung seperti tripod, filter, dan lensa wide.

 

12. Fotografi Makro (Macro Photography)

Gambar Fotografi Makro (Macro Photography)
pexels.com

Fotografi makro yaitu fotografi suatu objek yang berukuran sangat kecil namun bertujuan agar nampak di kamera seperti objek tersebut berukuran besar.

Objek yang biasanya digemari dalam fotografi makro adalah hewan-hewan yang berukuran sangat kecil seperti serangga, dan bunga.

Terkadang mungkin kalian pernah mencoba foto serangga dengan handphone/kamera tapi tidak bisa mendapatkan gambar yang maksimal.

Karena hal ini memang membutuhkan lensa yang khusus untuk makro, karena didesain agar bisa fokus dan menampilkan detail yang luar biasanya bagusnya.

 

13. Fotografi Bintang Galaksi (Milky Way Photography)

Gambar Fotografi Bintang Galaksi (Milky Way Photography)
pexels.com

Fotografi jenis ini termasuk dalam kategori astro fotografi, atau fotografi luar angkasa akan tetapi lebih berfokus dalam memotret galaksi.

Tips wajib foto milky way yaitu gunakan tripod dan shutter speed yang lambat.

Syukur-syukur kalian bisa gunakan kamera yang mempunyai kualitas low light yang bagus agar hasilnya lebih maksimal.

 

14. Fotografi Model (Model Photography)

Gambar Fotografi Model (Model Photography)
pexels.com

Fotografi model memang masih berkaitan dengan fashion photography atau portrait photography.

Bedanya adalah jika fashion fotografi lebih menonjolkan busana, maka model fotografi menonjolkan dari sisi model atau subjek yang difoto.

Biasanya juga digunakan untuk kepentingan komersil, atau talent agensi dan sebagainya.

 

15. Fotografi Bayi yang baru Lahir (Newborn Photography)

Gambar Fotografi Bayi yang baru Lahir (Newborn Photography)
pexels.com

Mungkin dari kalian baru pertama kali mendengar jenis fotografi ini, memang sepertinya jenis fotografi ini masih tergolong baru.

Newborn fotografi adalah fotografi yang dikhususkan untuk bayi yang baru lahir sebagai subjek fotonya dengan set up cahaya dan properti yang mendukung.

Uniknya bayi yang difoto akan dimake up atau didandani sedemikan rupa agar penampilannya lebih lucu dan terlihat lebih dewasa.

Contoh, bayi dipakaikan seragam polisi yang memang sudah dipersiapkan pakaiannya sesuai dengan ukuran tubuhnya dan akan diatur posenya oleh sang fotografer dengan beberapa properti di sandingkannya .

Tidak sembarang fotografer bisa melakukan ini karena memang tergolong challenging karena berurusan dengan bayi yang memang butuh penanganan ekstra.

Akan tetapi jangan khawatir, sekarang sudah banyak yang mengadakan pelatihan newborn fotografi yang  bisa kalian ikuti dan nantinya kalian akan mendapatkan sertifikat untuk kalian manfaatkan kedepannya.

 

16. Fotografi Malam Hari (Night Photography)

Gambar Fotografi Malam Hari (Night Photography)
pexels.com

Night photography atau fotografi malam hari adalah fotografi yang dilakukan pada saat malam hari di mana cahaya matahari sudah tidak muncul.

Dalam kondisi cahaya yang minim, maka kalian harus pintar-pintar mengatur settingan pada kamera agar hasil foto menjadi proposional.

Ada beberapa ide yang bisa kalian lakukan saat malam hari seperti menggunakan teknik time lapse, light painting, dan lain-lain.

Fotografi di malam hari memang lumayan menantang, terkadang memperlihatkan kecantikan warna dari cahaya tersedia, terkadang juga membawa atmosfir atau kesan-kesan misteri.

 

17. Fotografi Telanjang (Nude Photography)

Gambar Fotografi Telanjang (Nude Photography)
pexels.com

Fotografi jenis ini tidak selalu menghadirkan fotografi telanjang bulat dari sang model, bisa jadi semi nude, maupun menampilkan beberapa anggota tubuh saja dalam frame-nya.

Tujuannya tidak selalu digunakan untuk menghadirkan kesan emosional, artistik, dan estetik, melainkan bisa juga digunakan untuk kepentingan advertising/periklanan.

 

18. Fotografi Berita/Jurnalisme (Photojournalism / Journalism Photography)

Gambar Fotografi Berita Jurnalisme (Photojournalism Journalism Photography)
pexels.com

Fotografi jurnalisme adalah fotografi yang mengangkat kejadian-kejadian kehidupan di sekitar kita yang nantinya akan dipublikasikan dalam bentuk jurnalisme/berita.

Jurnalisme fotografi mempunyai keterkaitan yang erat dengan kategori fotografi lain yaitu seperti penggabungan dari street photography, portrait photography dan fotografi dokumenter.

 

19. Fotografi Potret (Portrait Photography)

Gambar Fotografi Potret (Portrait Photography)
pexels.com

Jangan sampai salah membedakan kata portrait dengan potrait ya. Arti yang dimaksud memang sama hanya saja tulisan atau pengucapan-nya sedikit berbeda.

Kalau Bahasa inggris penulisan-nya portrait photography, sedangkan mungkin kita sudah biasa dengan kata potret jadi dalam hal penulisan kita menyebut potrait, yang mana itu tidak ada dalam kata Bahasa inggris.

Portrait photography yaitu fotografi yang menampilkan seseorang sebagai objek foto, bisa dilakukan di dalam ruangan (indoor) atau di luar ruangan (outdoor).

Tidak hanya itu, portrait photography harusnya mengandung unsur yang mengandung kesan kuat, emosional, atau sisi unik terhadap orang yang di foto.

 

20. Fotografi Olahraga (Sport Photography)

Gambar Fotografi Olahraga (Sport Photography)
pexels.com

Fotografi olahraga adalah fotografi yang mengabadikan momen-momen terkait dunia olahraga, dan ini masih berkaitan dengan jurnalisme fotografi atau commercial photography.

Di dalam olahraga biasanya banyak menuntut kecepatan ataupun jarak dengan objek yang jauh karena berada di lapangan maka fotografer dituntut mempunyai gear yang mendukung.

Maka dari itu kamera baiknya sudah support fokus yang cepat dan lensa menggunakan zoom lense/lensa zoom agar bisa menangkap objek dengan cepat dan tepat pula.

 

21. Fotografi Panggung (Stage Photography)

Gambar Fotografi Panggung (Stage Photography)
pexels.com

Kalian mungkin sering nonton konser, acara theater maupun acara panggung lainnya, lalu kalian dokumentasikan, itulah yang dinamakan stage photography.

Fotografi jenis ini memang tergolong susah karena harus menyiapkan gear yang hampir sama spesifikasinya dengan sport photography.

Biasanya kondisi panggung itu minim cahaya bila di malam hari, lampu sorot yang berubah-ubah, maka dari itu kamera harus punya keunggulan low light, fast AF (Autofokus yang cepat), dan terkadang membutuhkan lensa sapu jagat.

 

22. Fotografi Benda Mati (Still Life Photography)

Gambar Fotografi Benda Mati (Still Life Photography)
pexels.com

Fotografi ini bisa dibilang jenis fotografi terhadap benda mati dengan mengatur komposisi dan pencahayaan sedemikian rupa sehingga terlihat lebih estetik,

Fotografi ini masih dalam satu genre dengan food photography maupun commercial photography tergantung tujuan yang ingin dicapai.

Fotografer dituntut untuk bisa mengatur cahaya yang pas dan bisa saja menggunakan properti tambahan agar hasil foto lebih bagus.

 

23. Fotografi Jalanan (Street Photography)

Gambar Fotografi Jalanan (Street Photography)
pexels.com

Street photography atau bisa disebut dengan fotografi jalanan adalah fotografi yang mengabadikan momen yang ada di jalanan, tempat umum atau kehidupan masyarakat sehari-hari lain-nya.

Jenis fotografi ini mengandung campuran fotografi candid, portrait, arsitektur, atau bisa juga disebut urban photography bilamana dilakukan di perkotaan.

Lensa yang cocok digunakan untuk fotografi ini berkisar di focal length 35mm, atau 50mm karena lensa tersebut mempunyai orientasi yang sama dengan mata manusia pada umumnya.

Sebenarnya tidak ada masalah jika kalian menggunakan lensa dengan focal length yang lain, akan tetapi focal length tersebut dipercaya bisa membuat gambar nampak dramatis.

 

24. Fotografi Mainan (Toys Photography)

Gambar Fotografi Mainan (Toys Photography)
pexels.com

Fotografi ini menjadikan mainan sebagai objek foto, biasanya yang digunakan adalah mainan yang berukuran kecil atau miniatur.

Seperti pada jenis fotografi makro lensa yang digunakan sebaiknya khusus yang sudah support makro agar hasilnya maksimal.

Serunya, fotografi ini bisa memicu kreatifitas dan ide kalian yang akan dituangkan dalam konsep toys fotografi ini.

 

25. Fotografi Perjalanan (Travel Photography)

Gambar Fotografi Perjalanan (Travel Photography)
pexels.com

Fotografi ini hampir sama dengan landscape photography, hanya saja objek foto tidak terikat dengan pemandangan alam, atau ruang terbuka yang ada di suatu tempat.

Yang dimaksud travel photography bisa saja berupa potret aktivitas yang kalian lakukan ketika mengunjungi suatu lokasi atau tempat wisata.

Tujuannya hanya untuk menikmati lokasi dan belajar budaya yang ada di tempat tersebut.

Gunakan kamera yang ringan dan lensa sapu jagad agar memudahkan kalian dalam mengabadikan momen sekitar kalian.

 

26. Fotografi Bawah Air (Underwater Photography)

Gambar Fotografi Bawah Air (Underwater Photography)
pexels.com

Dilihat dari namanya saja kita bisa tahu bahwa fotografi ini bertujuan untuk mengabadikan momen yang ada di bawah laut.

Tentunya dengan kamera yang tidak hanya tahan air akan tetapi wajib menggunakan housing khusus untuk melindungi kamera dari tekanan air.

Fotografer juga harus mempunyai skill diving dan jam terbang yang cukup untuk mempelajari keaadaan agar bisa mendapatkan momen yang langka dan unik di bawah air.

 

27. Fotografi Virtual (Virtual Photography)

Gambar Fotografi Virtual (Virtual Photography)
www.era.id

Inilah salah satu jenis fotografi yang sedang viral saat ini, dikala ‘lockdown’ atau PSBB, fotografi ini tergolong cukup simple karena bisa dilakukan di rumah saja.

Puncak viralnya yaitu pada saat itu artis-artis turut meramaikan hingga menyewa beberapa fotografer ternama.

Tujuan dari fotografi ini bisa dibilang sama seperti portrait photography yang mana menampilkan pose seorang model, tetapi agak berbeda, latarnya kebanyakan indoor/di dalam rumah.

Namanya saja virtual, jadi proses pemotretan dilakukan secara jarak jauh dengan menggunakan internet, fotografer dan model pun berinteraksi lewat aplikasi video call.

Karakteristik dari Virtual Photography atau Virtual Photoshoot yaitu model berpose di depan laptop sembari fotografer mengabadikan menggunakan kameranya dari tempat yang berbeda.

Gimana seru kan? Apakah kalian sudah pernah mencoba virtual photography ini? Kalau belum silahkan dicoba bisa dengan teman-teman kalian.

 

28. Fotografi Pernikahan (Wedding Photography)

Gambar Fotografi Pernikahan (Wedding Photography)
pexels.com

Fotografi pernikahan adalah fotografi yang dilakukan untuk mengabadikan momen pasangan yang sedang menjalankan acara sakral di hari spesial, yaitu pernikahan.

Wedding photography bisa saja meliputi pre-wedding/prewed, atau acara-acara adat yang dilakukan sebelum hingga hari H pernikahan dilaksanakan.

Kedengarannya terlihat mudah, karena semata-mata hanya foto pasangan, tetapi faktanya tidak begitu, fotografer wedding harus mempunyai skill dan jam terbang yang tinggi.

Fotografer juga harus bisa berkomunikasi, mengatur mempelai dan para tamu undangan yang difoto karena mereka akan butuh instruksi dari fotografer agar hasilnya bagus.

Itulah mengapa orang -orang tidak tahu kenapa jasa fotografer wedding dihargai mahal, kita harus punya tim yang kompak, peralatan dan gear yang mendukung, bahkan terkadang kita memakai drone.

Skill manajemen, editing, hingga urusan mencetak photobook harus dipunyai fotografer agar karyanya bisa menarik interest dan trust ke orang-orang.

 

29. Fotografi Satwa Liar (Wildlife Photography)

Gambar Fotografi Satwa Liar (Wildlife Photography)
pexels.com

Kategori ini memang berfokus pada potret kehidupan satwa liar, baik itu di hutan, pengunungan, sungai, mulai dari semut, burung maupun hewan buas lain-nya.

Bagaimana mereka berburu, mencari makan, bertengkar, berkembang biak hingga behavior-behavior atau kebiasaan lain dari hewan tersebut.

Dibutuhkan kesabaran yang ekstra karena sangat susah bagi fotografer untuk bisa mendapatkan momen langka seperti itu.

Terkadang fotografer harus menginap di hutan selama beberapa hari bahkan bisa berminggu-minggu dalam hal mempelajari aktifitas suatu hewan.

Maka dari itu sebagai penunjang kesuksesan mereka gear yang dipakai pun harus mempunyai spesifikasi yang tinggi dan harganya tergolong fantastis.

Kalian bisa lihat video-video dari Morten Hilmer yang menunjukkan bagaimana susahnya, perjuangan-nya untuk mengambil gambar hewan liar. Ini Saya kasih contoh salah satu video-nya ketika memfoto seekor rusa.


Itulah jenis-jenis fotografi yang populer hingga saat ini. Gimana dari sekian banyaknya, mana yang paling kalian sukai?

Jika masih bingung mana yang akan kalian pilih, tidak ada salahnya untuk mencoba satu persatu, hingga kalian putuskan kedepannya akan kalian jadikan seperti apa, untuk keperluan job kah atau yang lain?

Saya pribadi tidak setuju jika fotografer harus dituntut wajib mempunyai satu jenis/aliran fotografi, karena ini bukan sekolah yang harus milih jurusan IPA atau IPS.

Finally, Saya mengutip kalimat dari Sean Tucker, “You don’t have to explain yourself, shoot what makes you happy!”.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian. Jangan lupa share ke temen-temen kalian ya!?

Seorang filosofis fotografer, suka motret apa yang dirasa suka

Tinggalkan komentar