Cara Merawat Kamera

Siapa nih yang kalau udah punya kamera sering dibawa kemana-mana dan dipakai motret terus terusan, tapi tidak pernah dirawat? Ibaratnya kamu sebagai fotografer harus punya mindset kalo kameramu itu adalah ‘senjata’ kamu dalam berperang. Kalau senjatamu rusak disaat genting atau musuh sedang menyerang gimana? Repot jadinya.

Kamu juga harus sadar kalau kamera itu juga barang elektronik, semua barang elektronik tidak akan berumur panjang kalau tidak dirawat dengan baik, kualitasnya bisa berkurang, dan bisa juga berjamur kalau kamu sembarangan nyimpan-nya.

Maka dari itu merawat kamera adalah suatu hal yang wajib bagi para fotografer yang tidak ingin kamera kesayangan-nya rusak begitu saja.

Bagi kamu yang ingin tahu gimana caranya merawat kamera DSLR yang baik dan cukup simple, simak tips dari kami berikut!

 

11 Cara Merawat Kamera DSLR yang Baik, Ternyata Caranya Mudah

1. Bersihkan Kamera Secara Rutin

Gambar bersihkan kamera secara rutin
www.adorama.com

Ini hal yang sepele dan sering diremehkan, ya, bersihin kamera dan lensamu sesudah kamu menggunakannya. Siapa yang kalau habis motret langsung disimpan kameranya?

Kamu gak akan tahu di saat kamu motret baik di indoor apalagi outdoor ada kotoran atau debu yang menempel di kamera, dan lama kelamaan akan menumpuk malah tambah sulit dibersihkan.

Cukup gunakan tisu kering untuk membersihkan permukaan kamera. Syukur-syukur kalau kamu punya blower kecil yang biasa tersedia di toko kamera dengan harga yang cukup murah untuk membersihkan kotoran yang ada di cela kamera.

Untuk lensa kamera jangan sekali-kali dipegang karena kulit kita mengandung minyak, karena akan berbekas dan mempengaruhi hasil foto. Gunakan cairan khusus pembersih lensa dan lap mikrofiber, bersihkan secara perlahan dan hati-hati jangan terlalu banyak menyemprotkan cairan tersebut.

Sebelum dipraktekin tonton dulu tips aman membersihkan kamera dan lensa dari Om Fajar Kristiono berikut ini!

 

2. Hindarkan Kamera Dari Segala Zat Cair

Gambar kamera terkena zat cair
s2.best-wallpaper.net

Kami menyebut segala zat cair karena dari sifatnya sudah jelas kalau cairan itu musuh bebuyutan dari semua barang elektronik, termasuk kamera DSLR.

Kecuali kalau kamera kamu sudah berlabel waterproof mungkin masih bisa diandalkan, asalkan dalam taraf yang wajar juga, perlu diingat kembali kalau kameramu itu juga barang elektronik, tidak menutup kemungkinan cairan akan masuk dalam cela kamera tanpa kamu sadari dan merusak komponen di dalamnya seiring berjalannya waktu.

Apalagi air yang mengandung garam, atau air laut akan cepat merusak komponen di dalamnya.

Dari sisi lain zat cair bisa menghasilkan noda, sebagai contoh noda dari kuah makanan, tinta, dll yang akan menempel di permukaan kamera bila tidak segera dibersihkan itu bisa berdampak memudarkan atau bahkan merusak warna asli kameramu.

Segera lap dengan tisu atau kain bersih secara perlahan apabila terkena air/cairan, jangan dipanaskan bilamana sudah basah kuyup, apalagi di jemur, cukup taruh di dalam lemari pakaian dan biarkan selama satu hari lebih, atau paling tidak selimuti dengan handuk/kain kering.

 

3. Pakailah Tas Khusus Kamera

Gambar Tas Khusus Kamera
img3.goodfon.com

Setiap kali kamu mau motret usahakan kamu membawa kamera dengan cara dimasukkan ke dalam tas kamera ya. Jangan petentang – petenteng mentang – mentang keren lagi bawa kamera DSLR dengan tangan kosong biar dilirik doi, jangan ya, resikonya besar daripada lirikan doi.

Kenapa harus tas kamera? Berbeda dengan tas biasa, tas kamera memang khusus dirancang untuk kamera agar kamera merasa nyaman di dalamnya, karena biasanya terdapat spon yang empuk untuk mengamankan kamera dari guncangan.

Terdapat banyak jenis dan fitur yang ada di tas kamera, kebanyakan memang sudah disediakan ruangan/tempat untuk menyimpan beberapa kamera, lensa, memory card, dan accessories lain-nya, ada yang custom-able juga.

Beberapa tas kamera sudah dilengkapi raincoater /waterproof untuk mencegah air hujan masuk kedalam, berguna bagi kalian yang kameranya masih belum tahan dengan cuaca ekstrim, pilih tas kamera sesuai aktifitas fotografimu.

 

4. Pasang Screen Guard/Screen Protector Untuk Melindungi Layar / LCD Kamera

Memasang Screen Guard atau screen Protector Untuk Melindungi Layar LCD Kamera
www.sonyalpharumors.com

Kalau kamu ingin layar LCD kameramu awet, kamu bisa memasang screen guard untuk kameramu.

Fungsinya adalah untuk menghidari goresan di layar, meminimalisir debu dan air juga, ini berguna bagi kamu yang jarang motret pakai viewfinder kamera, biasannya langsung ngelihat lewat LCD kamera.

Khusus untuk LCD kameranya yang sudah mendukung layar sentuh atau touchscreen, saran kami wajib hukumnya untuk dipasang di kameramu karena kegunaan lainnya untuk menghindari bekas sidik jari atau jari kamu yang berminyak.

 

5. Filter Untuk Melindungi Lensa Kamera

Filter Untuk Melindungi Lensa Kamera
www.shopmoment.com

Terdengar sepele namun filter lensa memiliki manfaat yang lain selain membuat gambar menjadi lebih unik. Seiring berjalannya waktu ada berbagai macam filter kamera yang tersedia saat ini,

ada filter Neutral Density (ND), Graduated Neutral Density (GND), Polarizing Filter, Black White (BW) filter, dll.

Kamu bisa memakai UV Filter yang hargannya tergolong murah namun mempunyai berbagai manfaat,

selain melidungi lensa kamera dari sinar ultraviolet filter ini juga berguna untuk menghindarkan lensa dari debu dan percikan air, dan apabila kamera kamu tidak sengaja terbentur di bagian lensa, filter ini bisa meminimalisir kerusakan lensa secara tidak langsung.

Ingat sebelum membeli filter lihat ukuran diameter lensa kamu ya, sesuaikan dengan ukuran filter yang akan kamu beli biar nggak salah beli.

 

6. Manfaatkan Lens Hood Pada Lensa

Manfaatkan Lens Hood Pada Lensa
petapixel.com

Jangan dikira lens hood itu hanya untuk accessoris semata, buat keren-kerenan aja. Lens hood itu ibaratnya kayak topi kamera, berguna untuk melindung kamera terkena sinar matahari langsung yang menyebabkan gambar menjadi distract karena cahaya matahari.

Seringlah menggunakan lens hood di saat kamu motret outdoor di siang hari, karena juga bisa mencegah adanya flare yang disebabkan oleh matahari yang langsung menyinari sensor kamera.

Harganya juga tergolong murah, seperti filter kamera, pemasangan-nya sama yakni berada di lensa, urutan pemasangan-nya pasang filter terlebih dahulu lalu setelah itu lens hood dibagian paling luarnya,

sebelum memilih tetap lihat dulu ukuran diameternya dengan filter dan tentunya lensa kameramu.

 

7. Amati Selalu Baterai Kamera

Gambar amati Selalu Baterai Kamera
dslrvideoshooter.com

Meski baterai kamera bisa di cas berkali-kali seperti smartphone, tentu memiliki usia juga, tergantung jenis dan kondisi baterai itu sendiri, apalagi pemakaian yang tidak diiringi dengan perawatan yang benar.

Beberapa hal yang dapat memperpanjang umur baterai adalah apabila kamera tidak digunakan dalam waktu yang lama lebih baik dilepas dari body kamera, jangan meninggalkan baterai yang sudah penuh pada saat kamu nge cas,

segera cabut dari colokan listrik dan amankan baterai dari kondisi cuaca yang panas maupun terlalu dingin.

 

8. Jagalah Kamera Agar Terhindar Dari Goncangan Yang Berlebihan

Gambar menjaga Kamera Agar Terhindar Dari Goncangan Yang Berlebihan
www.lifewire.com

Apakah kamu yakin kalau kameramu tahan goncangan? Apa kamu tahu komponen apa aja yang ada di dalam kameramu? Banyak banget. Ada sensor, sirkuit elektronik, pentaprisma, dan lain sebagainya

Tentunya ada berbagai macam komponen elektronik yang mungkin rentan terhadap goncangan. Semisal kamu seenaknya menaruh kameramu di jok motor, kamu bawa lari larian, dan aktivitas lain yang menghasilkan goncangan yang berlebihan, bisa bisa fungsi yang ada di dalam kameramu itu terganggu.

Jadi jangan anggap remeh goncangan ya karena kita tidak tahu seberapa rawan komponen yang ada di dalamnya, selalu hati-hati dalam memegang kameramu.

 

9. Gunakan Tali/Strap Kamera Saat Motret

Gambar menggunakan Tali Strap Kamera Saat Motret
hideandhome.com

Jangan sampai ketika kamu keenakan motret model yang geulis, kamu melamun sampai-sampai kamera tergelincir dari tanganmu, itu bisa fatal bilamana kamu tidak memakai strap kamera.

Fungsi dari strap kamera sendiri sebenarnya banyak, yang paling utama adalah untuk mencegah kamera jatuh ketika kamu memotret, karena handgrip/pegangan setiap orang berbeda-beda.

Fungsi lain bisa juga untuk menstabilkan kamera ketika merekam video dan beberapa manfaat lain yang memang sangat tricky.

Kebanyakan jika kamu membeli kamera baru sudah disediakan strap kamera dari pabrikannya,

jika memang kamu ingin strap yang custom, sekarang sudah banyak macam-macam strap kamera yang dijual di pasaran,

banyak juga produk dalam negeri yang bagus-bagus, ada yang model strap panjang pada umumnya yang dikaitkan di leher, ada strap yang kecil untuk di pergelangan tangan, dan lain-lain.

 

10. Hindarkan Kamera Dari Cahaya Matahari Secara Langsung

Gambar kamera terkena cahaya matahari secara langsung
www.techspot.com

Seperti yang tadi telah disinggung sebelumnya bahwa sensor kamera itu memang rentan bilamana terus terusan terkena sinar matahari secara langsung,

karena dalam jangka panjang akan terasa, dan hasil fotomu tidak akan seperti dulu lagi.

Tidak hanya sensor kamera yang bisa berdampak, body kamera bisa kusam apabila terlalu sering kena matahari, apalagi kalau kamera jarang dirawat.

Untuk mengantisipasinya sekarang ada juga silicon case kamera yang melidungi body kamera dari cahaya matahari, bisa mencegah dari cipratan air.

Bahkan ada case kamera yang dirancang khusus untuk foto bawah air/ underwater. Keren bukan? Iya sih tapi harganya juga keren.

 

11. Simpanlah Kamera di Dry Box

Gambar dry box kamera
www.harveynorman.com.sg

Kebanyakan orang-orang masih belum tahu manfaat alat yang satu ini. Dry box adalah tempat untuk menyimpan kamera dan peralatan sejenisnya untuk menghindarkan dari kelembapan yang bisa berakibat munculnya jamur.

Jika memang kamu belum bisa membeli dry box pada umumnya, kamu juga bisa membuat dry box sendiri

Dengan memakai tupperware atau tempat yang tertutup rapat, di dalamnya kamu juga harus menaruh silikon yang fungsinya untuk menjaga kelembapan,

Kamu harus rutin mengecek apakah silikon tersebut masih bisa digunakan atau sudah waktunya diganti, segera ganti bila memang sudah waktunya.

Gimana? Tertarik untuk buat dry box sendiri? Dengan harga yang lebih murah kamu bisa mendapatkan manfaat yang hampir sama.

 


Pada dasarnya kalau kamu menganggap kamera itu sebagai aset, tentu kamu akan bersemangat dalam merawat kamera kamu. Bukan hal yang sulit kalau kamu melakukan-nya dengan niat dan konsisten.

Bayangkan kamu punya kamera Leica, kamera mahal kelas sultan, pasti kamu gak pingin kan kamera itu mudah rusak karena jarang dirawat.

Semakin sayang kamu terhadap kamera yang kamu miliki, semakin kamu bisa peka dalam melihat kejanggalan,

Semisal kalau ada yang dirasa kotor, berbeda atau kurang, kamu merasa

“Loh kameraku kok gini, kameraku kok tidak seperti dulu lagi ya?!“,

kepekaan seperti itu yang akan terus muncul seiring dengan kecintaan kamu terhadap kamera kamu, tentunya kamu yang akan merasakan manfaatnya.

Jadi, apakah kamu sudah paham betul caranya merawat kameramu?

Semoga tutorial ini bisa membantu membuat kamera kamu tetap bersih dan terawat sehingga kamu selalu bisa motret dan tetep berkreasi!

 

Seorang filosofis fotografer, suka motret apa yang dirasa suka

Tinggalkan komentar