Apa Itu Moire?

Pernahkah kalian kalau motret baju bergaris/warna belang terus hasil foto pada garisnya tidak beraturan atau terlihat aneh seperti ada efek pelangi yang muncul pada garisnya? Itulah Moire pattern (Pola Moire).

Seringkali para fotografer dibuat kerepotan apabila mendapatkan hasil foto yg muncul pola seperti ini, padahal foto yang sudah didapatkan sudah fokus, lighting oke, bahkan komposisinya pun tidak bermasalah.

Faktanya, moire jarang ditemukan di dalam realita atau dunia nyata sekitar kita, tapi kerap kali ditemukan di dunia fotografi, percetakan, televisi, atau digital lain-nya, karena sistim yang dimiliki pada mata kita atau mata manusia kualitasnya lebih baik daripada kamera.

Lalu bagaimana cara kita menyiasati hal tersebut? Tenang, berikut ada beberapa cara untuk mengetahui, mengantisipasi, bahkan mengatasi bilamana suatu saat kalian berhadapan dengan Pola Moire/Moire pattern dalam dunia fotografi.

Mengenal Moire dalam Dunia Fotografi (Cara Mengetahui, Mencegah, dan Mengatasi Moire)

Pengertian dan Sejarah Singkat Kata Moire

Gambar moire dalam fotografi
www.reddit.com

Moire adalah pola yang muncul karena detail objek foto memiliki pola berulang atau pola berjarak tertentu yang tidak dapat ditangkap dengan baik oleh kemampuan sensor suatu kamera sehingga menimbulkan kesan aneh (pola dapat berupa garis atau titik).

Awal mula munculnya kata Moiré berasal dari bahasa Perancis, pada tahun 1823, yang sebenarnya adalah kata kerja, moirer, yang mempunyai arti “untuk menghasilkan tekstil yang disiram dengan menenun atau menekan”.

Tekstil tersebut terbentuk dari sutera, atau sekarang dikenal sebagai bahan kapas, serat sintetis. Dibuat dengan cara menyatukan 2 lapis dengan tekanan tertentu dalam kondisi basah sehingga membentuk suatu pola unik setelah dikeringkan.

Ada beberapa sejarah yang mengatakan kata moire sudah digunakan sejak tahun 1570 di Inggris, yang diadopsi dari bahasa Arab, Mohair, atau Mukhoir, yang artinya pilihan.

 

Mengetahui Bagaimana Moire Bisa Terbentuk

Pola ini sebenarnya sudah biasa didengar sejak dulu di rana fotografi. Seperti yang telah dibahas tadi, pola ini muncul karena objek yang difoto mempunyai pola tertentu yang menyebabkan bias ketika dibaca oleh kapasitas sensor kamera.

Jadi pola ini terbentuk dengan adanya 2 layer/pola yang berbeda yang digabungkan menjadi satu sehingga muncul-lah pola ketiga yang disebut dengan Moire Pattern ini.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar berikut ini

Gambar-Bagaimana-Moire-Bisa-Terbentuk
http://proofing.de/

Bisa dilihat dari gambar tersebut ketika 2 garis/pola ditumpuk satu sama lain maka akan menjadi pola , kalau dilihat baik-baik kayak ada pelanginya.

Pola pada tiap-tiap moire akan berbeda tergantung jumlah dan jarak pada garis atau titik yang saling bertumpukan.

 

Mencegah Terjadinya Moire pada Gambar

Gambar Mencegah Terjadinya Moire Pada Gambar
enacademic.com

Untuk mencegah terjadinya moire, seharusnya kalian berhati-hati terhadap objek yang akan kalian shoot, di objek mana saja biasanya hal ini muncul.

Ada beberapa ciri-ciri, sebagian besar muncul karena ada banyaknya detail terhadap titik atau garis yang berskala kecil.

Jika kalian potrait fotografer, atau street fotografer, berhati-hatilah terhadap beberapa hal berikut:

  • Baju atau pakaian yang mempunyai motif bergaris rapat.
  • Gorden yang berrongga kecil.
  • Layar LCD (Bisa layar TV, laptop/komputer maupun handphone)

Jika kalian landscape fotografer, fotografer alam, atau arsitektur fotografer, berhati-hatilah terhadap hal berikut:

  • Atap bangunan
  • Bangunan dengan desain corak bergaris yang rapat
  • Kulit atau bulu binatang

 

Cara Mengatasi Moire

Gambar cara mengatasi moire
www.dpmag.com

Ada beberapa teknik untuk mengatasi Moire ini, kita mulai dari teknik pengambilan gambar. Dalam hal kalian menghadapi kondisi foto di mana terdapat moire, ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan, antara lain:

  • Zoom untuk mengetahui apakah ada pola moire di frame kita, ambil beberapa gambar jika memang muncul moire segera ganti warna pakaian, atau background yang mengganggu tersebut.
  • Atur jarak, kalau kamu potrait fotografer, memfoto orang yang memakai pakaian bergaris, kenapa tidak mencoba lebih dekat agar sekalian garisnya terlihat lebih lebar, bisa juga dipakai untuk motret bangunan yang bergaris, mendekatlah biar garisnya kelihatan besar sehingga tidak muncul moire.
  • Mainkan Apperture kamera, Cobalah bereksperimen, beberapa fotografer menemukan kalau pakai bukaan lebar misal F/11, yang menyebabkan seluruh frame terlihat detail sehingga kalau ada moire bisa nampak. Atau kalau ada subjek didepan bisa kamu fokuskan saja ke subjek sehingga moire yang ada di background bisa blur.

Solusi terakhir jika sudah kelewat motret foto moire, yaitu dengan teknik post processing, kalian bisa menggunakan software seperti Adobe Photoshop atau Adobe Lightroom.

Agar lebih jelas silahkan simak turorial video untuk menghilangkan Moire menggunakan Adobe Lightroom berikut:

Tonton video berikut jika kalian ingin menghilangkan Moire pada foto kalian menggunakan aplikasi Adobe Photoshop:

Oh iya, perlu dibuat catatan terkadang untuk editing proses menggunakan software pada beberapa kasus tertentu belum bisa maksimal untuk menghilangkan moire. Bisa tapi mungkin kurang natural hasilnya.

 

Dampak Low Pass Filter pada Kamera

Baik model kamera dulu maupun modern seperti yang sekarang kebanyakan sudah didesain untuk mengantisipasi hal ini, yaitu penambahan fitur kamera dengan Low Pass Filter, atau Anti Aliasing Filter (biasa disingkat AA filter), atau sebutan lain-nya blur filter.

Fungsinya adalah untuk mereduksi pola moire dengan cara mengabaikan detail yang kecil-kecil.

Kekurangan-nya yaitu akan muncul efek blur pada detail tersebut, sehingga hasilnya tidak maksimal bagi beberapa fotografer yang suka dengan detail.

Contoh, pada kamera Nikon, Nikon D800 yang memiliki AA Filter, sedangkan pada Seri D800E tidak memiliki AA Filter.

Gambar dampak low pass filter pada kamera
francoismalan.com

Pada gambar tersebut bisa kalian lihat perbedaan hasil foto kamera D800 yang memiliki AA filter sehingga gambarnya lebih blur daripada D800E yang tidak memiliki AA filter tapi lebih terlihat detailnya.

Makanya sebelum membeli kamera baiknya teliti dulu fitur / spesifikasi kamera-nya, agar gambar yang dihasilkan sesuai dengan apa yang kamu inginkan, karena filter AA ini sudah biasa terpasang pada sensor kamera baik itu mirrorless ataupun DSLR.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai kamera DSLR apa saja yang mempunyai spesifikasi sesuai dengan yang kamu inginkan, baca kamera DSLR terbaik rekomendasi dari kami.

Gimana apa kalian sudah tahu tentang apa itu Pola Moire? Bagaimana cara mengetahuinya dan antisipasinya? Gampang bukan?!

Asalkan dengan menggunakan teknik yang tepat, kalian gak perlu buang-buang waktu dan pasti bisa mencegah ataupun mengantisipasi adanya moire pattern.

Memang sedikit mengganggu sih kalau pas motret terus menemukan pola tersebut, tapi bukan berarti jadi halangan untuk motret dong!

 

Seorang filosofis fotografer, suka motret apa yang dirasa suka

Tinggalkan komentar